Rabu, 23 September 2015

Perekrutan Tenaga Kerja

Sebagai pemilik usaha atau manajer dari sumber daya manusia, kita harus dapat memilih orang-orang terbaik untuk menjadi bagian dari tim kerja di perusahaan kita. Kita sering kali melihat iklan lowongan kerja seperti ini, bukan?



Untuk dapat memilih karyawan yang tepat, kita harus dapat melakukan proses seleksi. Sebagian perusahaan melakukan beberapa tahapan tes, seperti tes pengetahuan umum, personality test, healty test, dan yang terakhir wawancara. Waktu yang dibutuhkan dalam perekrutan karyawan relatif lebih lama, umumnya lebih dari 2 minggu atau bahkan terkadang lebih dari 1 bulan.


Rekrutmen harus didasarkan pada spesifikasi pekerjaan yang terperinci dan ditentukan perusahaaan terkait jabatan tersebut, seperti batas usia, tingkat pendidikan, minimum lamanya pengalaman kerja, dan lain-lain. Dengan adanya spesifikasi pekerjaan perusahaan akan lebih mudah menemukan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria.

Menurut Mondy & Noe (2005), sumber tenaga kerja terbagi menjadi 2 (dua). Sumber tenaga kerja yang berasal dari internal & sumber tenaga kerja yang berasal dari eksternal perusahaan.

Lowongan kerja dapat diisi oleh karyawan internal perusahaan, dapat dilakukan dengan cara memindahkan/mutasi karyawan ke bagian/divisi yang membutuhkan karyawan. Sedangkan jika calon karyawan berasal dari pihak eksternal, dapat dilakukan dengan cara pembuatan iklan/advertising, pengambilan calon karyawan dari kantor tenaga kerja, pengambilan dari perusahaan lain, atau bahkan calon karyawan datang sendiri untuk melamar pekerjaan tersebut.

Sumber tenaga kerja yang berasal dari internal & eksternal perusahaan, mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Kelebihan dari sumber tenaga kerja yang berasal dari internal, diantaranya :
a)    Perusahaan telah mengenal minat & bakat karyawan, sehingga memudahkan perusahaan ketika me-mutasi-kan karyawan ke dalam lowongan pekerjaan tersebut.
b)     Perusahaan dapat meminimalisir biaya advertising/iklan.
c)     Meningkatkan kinerja karyawan, karena karyawan memiliki peluang mempromosikan diri.
d)     Waktu perekrutan karyawan relatif lebih cepat.

Sedangkan kelemahan sumber tenaga kerja yang berasal dari internal perusahaan, antara lain :
  1. Berkurangnya sikap kewibawaan dari karyawan yang dimutasikan.
  2. Tertutupnya peluang bagi calon karyawan yang berasal dari eksternal perusahaan. Karena mungkin skill & potensi karyawan dari eksternal perusahaan lebih baik dibandingkan karyawan yang di-mutasi-kan perusahaan.

Kelebihan dari sumber tenaga kerja yang berasal dari eksternal perusahaan, antara lain :
  1. Kemungkinan tenaga kerja dari eksternal perusahaan membawa sistem kerja baru bagi perusahaan.
  2. Sikap kewibawaan karyawan baru relatif lebih diterima dibandingkan karyawan yang dipromosikan/dimutasikan.

Sedangkan kekurangan dari sumber tenaga kerja yg berasal dari eksternal perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Meningkatnya biaya advertising/iklan.
  2. Waktu perekrutan calon karyawan relatif lebih lama.
  3. Karyawan yang berasal dari internal perusahaan memiliki peluang kecil untuk mempromosikan diri.
  4. Loyalitas calon karyawan belum dapat diketahui secara pasti oleh perusahaan.

Perekrutan tenaga kerja yang berasal dari internal perusahaan menjadi pilihan bagi beberapa perusahaan. Karena hal tersebut memudahkan dan mempercepat dalam mencapai tujuan. Namun, hal ini menimbulkan beberapa masalah di dalam perusahaan, salah satunya adalah munculnya kesenjangan antara karyawan yang tidak dimutasi/dipromosikan dengan karyawan yang dimutasi/dipromosikan. Sehingga lama kelamaan membuat karyawan menjadi tidak nyaman dalam bekerja.

Tak hanya tenaga kerja dari internal perusahaan saja yang menjadi pilihan perusahaan, perekrutan dari eksternal perusahaan juga menjadi pilihan lain bagi sebagian perusahaan. Hal ini membuat perusahaan memiliki potensi untuk memaksimalkan tujuan perusahaan. Namun jika perusahaan tidak dapat menempatkan calon karyawan sesuai dengan potensi, skill, bakat dan minat karyawan, hal ini dapat menyebabkan terhambatnya pencapaian tujuan perusahaan karena karyawan tidak dapat memaksimalkan potensi yang ada pada diri mereka.

Untuk itu, sumber tenaga kerja yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan harus dapat di tempatkan pada minat, bakat, skill dari masing-masing karyawan. Sehingga perusahaan dapat memaksimalkan tujuan perusahaan.



Sumber :
  1. http://kerjadijatim.blogspot.co.id/ 
  2. Buku : Human Resource Management, Mondy, Wayne R. & Noe, Robert, M. Tahun 2005, New Jersey

Tidak ada komentar:

Posting Komentar