Senin, 26 Oktober 2015

Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia merupakan serangkaian kegiatan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan dan kinerja serta produktivitas karyawan yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan atau jabatan.

Berdasarkan tempat berlangsungnya atau tempat terselenggaranya, pelatihan dan pengembangan terbagi menjadi 2 macam, antara lain :

1.     On The Job Training
Melatih seseorang untuk mempelajari pekerjaan sambil mengerjakannya. Training ini relative tidak mahal, peserta pelatihan dapat belajar sambil tetap menjalankan proses produksi, dan juga tidak memerlukan ruang kelas khusus.

Bentuk on the job training diantaranya :
  • Choaching/pendampingan, yaitu karyawan dibimbing/diarahkan oleh atasan atau oleh karyawan yang berpengalaman. Hubungan ini serupa seperti karyawan dengan tutor.
  • Rotasi pekerjaan, yaitu peserta pelatihan ditugaskan untuk berpindah dari satu bagian ke bagian pekerjaan lainnya dalam satu perusahaan, dengan interval terencana, sehingga peserta memperoleh pengalaman kerja.
  • Magang, merupakan karyawan baru yang diberikan pelatihan oleh karyawan lama yang sudah ahli pada pekerjaan tertentu.


2.     Off The Job Training
Teknik pelatihan yang diberikan di luar waktu kerja dan berlangsung jauh dari lokasi perusahaan/tempat kerja, agar peserta pelatihan lebih fokus.

Bentuk off the job training, antara lain :
a)     Vestibule training, adalah pelatihan yang mengajarkan hal khusus, yang dilakukan di tempat terpisah namum dikondisikan sama dengan tempat kerjanya. Pelatihan ini untuk melatih karyawan dalam bentuk skill. Contohnya pelatihan mesin oleh beberapa operator mesin.
b)     Role playing, yaitu karyawan diminta untuk melakukan satu peran atau lebih dalam pekerjaan yang lain. Dan karyawan akan dihadapkan pada suatu masalah, kemudian karyawan tersebut harus memberikan komentar terhadap peran yang diambil.
c)      Study kasus, merupakan pelatihan yang mengharuskan peserta untuk menganalisis suatu masalah dan memberikan solusi yang terbaik dari masalah tersebut.
d)     Simulasi adalah pelatihan dimana situasi dibuat senyata mungkin, sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, tetapi hanya sebuah tiruan. Pelatihan ini untuk melatih skill peserta.

e)     Seminar/workshop merupakan suatu bentuk pengarahan akademis yang diberikan oleh organisasi komersial atau professional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar